.::Si Pemimpi::.

Catatan mimpi-mimpi dari seorang yang biasa-biasa saja

Hati-hati Penipuan di Jl. Margonda Raya

Posted by gregorio1988 on October 14, 2008

Suatu hari di malam Sabtu kemarin, “De, klo ke Kalideres naik apa yah? “, tanya seorang ibu berparas tua dan berjilbab kepada saya. Karena saya juga belum pernah ke sana, maka saya pun menjawab “Tidak tahu juga tuh bu, saya juga belum pernah ke sana. Coba ibu tanya aja ke tukang ojek yang di sana (maksudnya tukang ojek yang di depan gang Pondok Cina). Siapa tau mereka tau “. Kemudian saya pun bertanya ke beliau “Memangnya ibu dari mana? “. Dan setelah itu, sang ibu yang terlihat kusam itu pun menjawab “Tadi siang saya ke rumah saudara saya dan tersesat di sini dari jam 2. Mana uang tinggal 5 ribu. Trus sekarang anak saya lapar, belum makan dari siang. Trus juga kayaknya uang saya gak cukup buat pulang ke Kalideres. Gimana yah..?”. Dalam hati saya, kasihan sekali ibu ini. Istilahnya, sudah jatuh dari pohon durian, ketiban pula buah durian. Lalu dengan spontan saya pun menjulurkan uang secukupnya untuk sekadar membantu mereka. Namun, si ibu pun kembali memohon dan berkata kepada saya “Duh, kayaknya makanan di sini mahal-mahal. Anak saya udah lapar lagi. Dek, bisa minta Rp 5000 lagi gak buat beli makan anak saya? “. Sejenak saya pun berpikir “Waduh, duit saya tinggal beberapa lembar lagi nih. Gimana yah? “. Lalu saya pun mengingat kembali suatu hadist yang menyebutkan bahwa suatu sedekah yang paling utama adalah sedekah dari benda kita yang paling berharga. Yasudah, saya pun dengan ikhlas kembali memberi ibu tersebut Rp 5000. Kemudian, si ibu dan anak itu pun pergi mencari makanan dan saya pun bergegas kembali ke tempat tujuan awal saya, Gramedia.

Ketika di Gramedia, entah kenapa hati saya selalu diselimuti oleh perasaan curiga oleh peristiwa tadi. Saya berusaha membuang jauh-jauh perasaan tersebut. Lalu, saya pun mengingat kembali tulisan dari seorang Berli yang menuliskan bahwa niat ikhlas itu seperti ketika kita membuang kotoran. Saya pun berusaha untuk melupakan peristiwa itu seperti ketika saya selesai “buang hajat”.

Sehari kemudian,
Read the rest of this entry »

Posted in Catatan harian | Tagged: , , , | 19 Comments »

Masih Ingatkah Anda Dengan Permainan Ini ??

Posted by gregorio1988 on September 25, 2008

“Iya, oper sini ded, gw kosong nih”. Kemudian, Dedi pun mengoper bolanya ke Ringo dan dengan tenang, Ringo menendang bola plastik itu dengan kencang. Lalu..Gooollll…!!!. Kemudian Ringo berlari dengan senangnya diikuti oleh teman-teman yg lainnya ke pinggir lapangan. Akhirnya tim BCFC pun memenangi pertandingan itu dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Ringo di menit terakhir.

Yah, itulah salah satu permainan yang sering saya lakukan waktu masa kecil, bermain sepak bola plastik. Sebenarnya masih banyak permainan yang saya mainkan bersama teman-teman sepermainan waktu kecil dulu, yaitu:

  1. Balon tiup
  2. Permainan ini biasanya saya lakukan dengan cara meniup dahulu balon tiup ini yang sebelumnya dibeli di warung Imam, warung di daerah saya, dan kemudian setelah balon tersebut besar, maka balon itu saya tempelkan ke wajah saya hingga menutupi semua wajah yang lugu itu dengan balon tiup tersebut. Tapi biasanya bukan saja ke wajah sendiri, tapi terkadang saya suka menempelkan balon ini ke wajah teman saya secara iseng. Dulu harga balon tiup ini hanya Rp 50/biji dan biasanya ada hadiah setiap pembelian balon ini bagi yang beruntung.

  3. Bermain sepeda
  4. Ini salah satu permainan yang sampai sekarang masih saya mainkan. Biasanya saya dan teman-teman saya bersepeda bukan untuk balapan atau semacamnya tapi hanya untuk berjalan-jalan di sore hari. Biasaya saya sering memainkan ini selepas akan berbuka puasa di bulan Ramadhan dan itu saya lakukan dengan solo atau hanya sendirian saja tanpa anak-anak yang lain. Saya dari kecil memang sering bermain sepeda dan sendirian karena saya kadang suka malas bermain dengan teman-teman yang lain sebab saya biasanya bermain sepeda dengan ngebut sementara teman saya hanya slow-slow saja. Biasanya saya suka balapan dengan motor yang saya temui ketika bermain sepeda, dan ketika saya melewati motor itu, subhanallah…perasaan ini seakan senang sekali bagaikan menang di kompetisi balapan. Dan sampai sekarang pun saya juga masih suka bermain sepeda di kampus.

  5. Tazos
  6. Wah, inilah permainan yang paling saya rindukan hingga saat ini. Entah apakah sekarang ini masih ada atau tidak. Tazos ini biasaya saya dapatkan dari setiap pembelian ciki (saya lupa nama ciki-nya) atau beli dari teman yang punya banyak Tazos. Tazos ini bisa dimainkan dengan banyak cara. Sebenarnya Tazos ini dimainkan dengan satu Tazos lainnya dengan mengaitkan satu sama lain dan kemudian melemparkan ke udara atau di-geprak di lantai hingga salah satu Tazos berjalan. Akan tetapi, biasanya saya dan teman saya memainkannya dengan cara diteprok seperti bermain teprokan pada gambaran. Atau mungkin bisa sebagai alat pembayaran ketika bermain gambaran. Dulu saya punya banyak sekali Tazos dan sekarang saya tidak tahu dimana letak benda bersejarah itu. Mungkin terbawa banjir saat terjadi banjir 5 tahunan pada waktu dulu. Read the rest of this entry »

Posted in Catatan harian | Tagged: , , , , , , , , , , | 9 Comments »

PSAU Selesai, Selamat Datang MABIM

Posted by gregorio1988 on August 27, 2008

Akhirnya selesai juga PSAU untuk Fasilkom UI yang diadakan selama dua hari. Tidak terasa kini mahasiswa baru (maba) Fasilkom 2008 akan bersiap-siap menghadapi masa perkuliahannya kurang dari seminggu lagi. Dalam masa perkuliahannya dimana mereka akan menghadapi dunia baru, maba akan mengalami suatu masa bimbingan (Mabim) yang diadakan dengan tujuan menyesuaikan maba terhadap lingkungan Fasilkom yang masih asing bagi mereka.

Untuk PSAU sendiri, maba sebenarnya sudah cukup untuk sedikit mengakrabkan diri mereka dengan lingkungan Fasilkom sekaligus mendekatkan diri terhadap beberapa elemen yang ada di Fasilkom itu sendiri. Di PSAU, maba diperkenalkan oleh beberapa dosen yang akan mereka temui ketika di masa perkuliahan; janitor, satpam, dan orang kantin yang pasti akan mereka selalu temui kapanpun mereka berada di lingkungan Kampus Bundar ini. Di sinilah ajang dimana mereka pintar-pintar beradaptasi dengan lingkungan baru dan tidak semua maba bisa dengan cepat beradaptasi. Selain berkenalan dengan beberapa elemen yang ada di Fasilkom, di PSAU itu juga maba akan mendapat bekal terhadap sistem perkuliahan yang pasti akan berbeda dengan sistem pembelajaran di SMA. Tidak hanya sistem yang berbeda, lingkungan mereka belajar tentu saja berbeda. Oleh karena itu, di PSAU terdapat kegiatan Tour de Campus yang bermanfaat bagi para maba untuk mengenal lebih jauh lingkungan di mana mereka akan singgahi selama empat tahun ke depan nanti.
Read the rest of this entry »

Posted in Uncategorized | Tagged: , , , , , , , | 12 Comments »

Hukum Mati atau Yang Lain Mati?

Posted by gregorio1988 on August 4, 2008

Akhir-akhir ini sering kita dengar para narapidana yang dijerat ataupun dieksekusi hukuman mati. Entah kenapa trend ini berkembang saat menjelang detik-detik Pemilu 2009. Apakah mungkin ini salah satu strategi para petinggi pemerintah yang memang ingin “mengejar setoran” sebelum masa pemerintahannya habis. Tapi, itu bukanlah persoalan yang penting, dan yang paling terpenting adalah, apakah para koruptor yang sekarang semakin merajelela akan ditindak lebih tegas atau malah sama saja seperti orang yang terkena hukuman dengan mereka yang mencuri ayam. Yah, tapi itulah realitanya sekarang ini. Malahan kalau dilihat secara jujur, nasib para koruptor itu lebih baik dibadingkan oleh para pencuri ayam. Para koruptor bisa seenaknya keluar masuk dari pintu jeruji dan hidup layaknya tinggal di hotel kelas eksekutif, tapi pencuri ayam itu, yah bayangkan saja sendiri nasibnya. Lalu, bagaimana yang seharusnya pemerintah lakukan terhadap para penjahat No.1 di Indonesia ini? Apakah pemerintah hanya berdiam saja dan senang melihat para rakyat Indonesia menanggung ulah bejat si koruptor tersebut, atau mereka siap untuk memangkas semua para koruptor dengan tidak tebang pilih?

Kita lanjutkan setelah pesan-pesan beikut ini…
Read the rest of this entry »

Posted in Inspirasi | Tagged: , , , , , , | 4 Comments »

A$taga, Keluarga Rimba…..Apaan tuch?

Posted by gregorio1988 on July 30, 2008

Apa itu A$taga? A$taga merupakan suatu ungkapan ketika kita melihat sesuatu hal yang menakjubkan. SALAH. Bukan itu maksudnya….

A$taga itu merupakan suatu perkumpulan orang-orang aneh. Aneh? Maksudnya? Ya aneh. Aneh kenapa namanya A$taga. A$taga, jika kita ingin tahu kepanjangannya, sebenarnya saya juga tidak tahu kenapa namanya A$taga dan saya juga hanya ikut-ikutan saja, adalah Anak Satu Tiga (gak nyambung khan?). Apa lagi itu? Yah, itu lah arti sebenarnya A$taga. A$taga itu seperti suatu perkumpulan dari teman-teman saya yang merupakan satu angkatan alumni SMAN 13 dan pernah merasakan manisnya duduk di bangku kelas I-3. Lalu apa istimewanya? Mungkin bagi para pembaca yang tidak termasuk dalam perkumpulan ini tidak begitu penting terhadap keberadaan A$taga ini, tapi bagi saya yang juga ikut dalam perkumpulan ini, A$taga itu yah seperti perkumpulan-perkumpulan yang lainnya yang begitu berarti dalam hidup seorang Gregorio Gringo Honassan Napitupulu. Jika anak-anak A$taga sudah berkumpul, kami saling sharing-sharing dan UUG (ujung-ujungnya gosip). Maklumlah anak muda. Mungkin para pembaca juga punya perkumpulan seperti ini dan terkadang jika kita sudah lama tidak bertemu dengan teman-teman yang lain timbullah rasa kangen ingin bertemu dan ngobrol hingga ngalor-ngidul.

Read the rest of this entry »

Posted in Catatan harian | Tagged: , , , , , , | 7 Comments »

Summer Song – New Album of Yui

Posted by gregorio1988 on July 22, 2008

Nama : Yui
Tanggal lahir : 26 Maret 1987
Tempat lahir : Fukuoka, Jepang
Genre : J-Pop, Pop Rock, Folk, Pop
Pekerjaan : Penyanyi, Penulis lagu, Aktris
Instrument : Gitar Akustik, Gitar Elektrik, Piano
Website : http://www.yui-net.com/
sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Yui_(singer)

Akhirnya Yui kembali mengeluarkan album barunya yang kesekian kalinya pada 2 juli lalu. Album yang berjudul Summer Song diambil dari salah satu lagu barunya yang juga terdapat di albumĀ  tersebut. Di album barunya ini, Yui terlihat lebih ceria dan enerjik walaupun di album-album sebelumnya dia memang terlihat ceria. Di Jepang, Yui bisa dibilang salah satu DIVA. Berbeda dengan diva-diva lainnya seperti Utada hikaru, Ayumi Hamasaki, dan sebagainya, Yui merupakan penyanyi artis yang juga sekaligus bermain gitar saat ia bernyanyi. Kelebihan itulah yang membuat kini fans Yui makin bertambah banyak.

Pada album ini, Yui yang mengandalkan lagu Summer Song, langsung menempati posisi teratas pada tangga lagu di Jepang. Walaupun hanya bertahan hingga beberapa hari saja, ini membuktikan bahwa orang-orang memang sudah antusias menunggu album barunya. Ibarat kata, kini Yui merupakan penyanyi wanita terpopuler di Jepang.

Buat yang mau dengerin lagunya, berikut link beberapa lagu yang ada di album Summer Song:

  1. Summer Song
  2. Oh My God
  3. Laugh Away

Posted in Catatan harian | Tagged: , , | 14 Comments »

HIJRAH (Kutek->Barel)

Posted by gregorio1988 on July 15, 2008

Jikalau Rasulullah pernah berhijrah dari Madinah hingga Mekah, maka saya pun melakukan hal yang sama, yaitu berhijrah dari Kutek hingga Barel. Alasan beliau berhijrah adalah untuk berdakwah, sedangkan saya adalah mencari suasana baru. Mencari suasana baru? Karena sudah dua tahun terakhir ini saya ngekos di daerah Kutek, maka tidak ada salahnya jika saya ingin mencari angin baru di daerah lain. Maka saya putuskan untuk pindah kosan ke daerah Barel yang tidak jauh dari kampus saya. Lalu, apa hubungannya dengan hijrah Rasulullah? Jawabannya, tidak ada.

Peristiwa hijrah ini terjadi pada tanggal 12-13 Juli 2008 kemarin. Karena saya tidak mau menyusahkan teman-teman saya dalam proses hijrah ini, maka hijrah saya lakukan sendiri pada hari I dan adik saya serta paman saya di hari II. Pada hari I, saya dengan berkendaraan sepeda mengangkut beberapa barang-barang yang sekiranya bisa saya pindahkan dengan sepeda, seperti buku-buku, baju, dispenser, kipas angin, serta perabotan-perabotan lainnya yang kecil dan ringan. Salah satu perabotan yang menurut saya paling susah dibawa yaitu ketika saya mengankut kipas angin. Bayangkan saja dengan berkendaraan sepeda, saya menggendong kipas angin yang berbentuk balok dengan berat sekitar 5-7 kg. Kemudian tangan kiri saya membawa perbotan lainnya yang tidak kalah beratnya. Saya tidak peduli dengan orang-orang sekitar saya, yang penting bagaimana caranya agar barang bawaan yang saya angkut ini tidak jatuh dan sampai di tempat tujuan. Jarak dari Kutek hingga Barel sekitar 1,5 km dan ketika sudah menempuh sekitar 1 km, tenaga saya sudah terkuras habis, keringat sudah bercucuran ke seluruh badan, nafas sudah tidak teratur lagi. Akhirnya semangat saya sudah mencapai limitnya. Maka saya pun mengambil inisiatif dengan mem-parkirkan sepeda saya di tempat parkir terdekat dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Alhamdulillah dengan tekad yang sedikit, saya berhasil ke tempat tujuan dengan sehat wal afiat.
Read the rest of this entry »

Posted in Catatan harian | Tagged: , , , , | 15 Comments »

Bertaubatlah Segera

Posted by gregorio1988 on June 21, 2008

taubat

Manusia itu memang tidak luput dari dosa. Nabi Adam as saja pernah melakukan dosa, yaitu ketika ia tergoda untuk memakan buah terlarang akibat bujukan mau setan sehingga ia diturunkan ke bumi oleh Allah SWT. Namun, apakah dengan pernyataan pertama yang merupakan suatu kewajaran kita bisa melakukan perbuatan dosa maka kita langsung menganggap enteng setiap dosa yang kita perbuat. Kalau memang iya jawabannya, maka segeralah Anda bertobat. Perbuatan dosa memang tidak bisa kita hindari dari setiap perbuatan yang kita lakukan, tapi bagaimanakah agar setiap dosa yang kita lakukan itu dapat diminimalisasikan sehingga di akhirat nanti timbangan antara dosa dan pahala kita lebih berat ke pahalanya dibandingkan dengan dosa yang telah kita perbuat. Taubat. Yah, itulah cara yang dapat kita lakukan agar Allah bisa mengampuni setiap dosa yang kita perbuat. Setiap dosa insyaAllah bisa diampuni, kecuali dosa syirik, asalkan taubat yang kita lakukan memang ikhlas dan dosa tersebut tidak kita ulang kembali. Dan satu hal yang membuat taubat kita diterima oleh Allah adalah selama kita masih hidup. Jika kita sudah akan menjemput ajal dan baru bertaubat, maka percumalah itu. Dalam surat An Nisaa ayat 17:

“Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Dalam ayat di atas, secara eksplisit dijelaskan oleh Allah untuk segera bertaubat setelah kita melakukan dosa, baik itu dosa kecil maupun dosa besar. Taubat seseorang itu tidak diukur dari lamanya waktu ia bertobat, tetapi diukur dari ikhlasnya ia bertobat dan bagaimana perilaku ia setelah bertobat. Banyak di antara kita, mungkin salah satunya saya pribadi, yang melakukan taubat pada kemarin hari, namun hari ini mengulang perbuatan dosa yang sama. Begitulah manusia sekarang. Cepat melupakan sesuatu yang baru berlalu. Maka dari itu, mudah-mudahan setelah membaca tulisan ini kita bisa sama-sama berintrospeksi diri. Apakah taubat kita benar-benar sudah taubat nasuha(sungguh-sungguh) atau belum. Jika belum, segeralah kita bertaubat sebelum nanti kita dijemput oleh malaikat maut dan baru bertobat. Maka sia-sialah taubat kita itu dan bersiaplah menghadapi siksa akhirat yang sangat pedih.
Naudzubillahhi mindzalik….

Posted in Inspirasi | Tagged: , , | 10 Comments »

Pengawas UMB di Hari I

Posted by gregorio1988 on June 7, 2008

Hari ini merupakan hari pertama saya mengawasi UMB. Tidak pernah terbayangkan oleh saya untuk menjadi seorang pengawas ujian. Sebelummnya, walaupun saya menjadi salah seorang asisten dosen di sebuah mata kuliah di kampus, namun belum pernah sama sekali saya mengawasi ujian, baik UTS maupun UAS karena waktu ujiannya bentrok dengan waktu ujian saya. Mungkin ada perasaan bangga menjadi seorang pengawas UMB, itu menurut saya. Saya merasa waktu itu berjalan begitu cepat. Saya yang dulu berada di bangku ujian, kini menjadi seorang yang mengawasi siswa yang duduk di bangku ujian. Mungkin karena itulah Allah berfirman dalam suratnya Al Ashr, 1-3:
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran”.
Dari ayat di atas, waktu merupakan sesuatu yang tidak akan pernah kembali lagi dan hanya orang-orang yang menggunakan waktunya dengan baiklah yang tidak akan berada dalam kerugian.
Di hari pertama UMB ini, saya akan sedikit bercerita tentang perjalanan saya dari awal hingga ujian selesai. Begini ceritanya:

Read the rest of this entry »

Posted in Catatan harian, Kuliah | Tagged: , , , , , | 8 Comments »

Renungkanlah

Posted by gregorio1988 on June 6, 2008

Pernahkan kita berpikir jika seandainya kita mati, apakah banyak orang yang akan menangisi kita dan merasa kehilangan terhadap kepergian kita. Mungkin kita tidak akan tahu setelah kita mati bagaimana reaksi atau perasaan dari orang-orang di sekitar kita, tapi coba kita renungkan kembali apa yang telah kita perbuat selama kita hidup. Apakah kita memiliki peran yang cukup penting di dalam kehidupan orang-orang di sekitar kita. Dalam suatu hadist yang pernah saya baca menyebutkan bahwa sebaik-baiknya manusia itu adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain. Mungkin sebagian para pembaca pernah mendengar hadist di atas. Dari hadist di atas, mungkin kita akan sedikit bertanya-tanya, apakah kita sudah bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Jika belum, lalu apa yang harus kita lakukan agar kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Saya pribadi juga masih belum merasa berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang-orang di sekitar saya.
Read the rest of this entry »

Posted in Inspirasi | Tagged: , , , , | 2 Comments »