.::Si Pemimpi::.

Catatan mimpi-mimpi dari seorang yang biasa-biasa saja

Archive for the ‘Catatan harian’ Category

MU vs Indonesia All Star (CANCELLED)

Posted by gregorio1988 on July 17, 2009

Apabila kemarin banyak iklan yang menyuguhkan para pemain MU akan bertanding melawan Indonesia All-Star, kini kita hanya akan diam melongo sambil duduk termanyun membayangkan kapan MU bisa mampir ke negera kepulauan ini. Hanya karena keegoisan segelintir orang, semua masyarakat Indonesia yang mayoritas hobi menonton bola merasakan akibatnya. Negara Indonesia akan kembali dicap sebagai negara teroris di mata dunia. Apakah segelintir orang itu memang maunya seperti ini. Mungkin mereka ingin menjadikan bangsa ini menjadi terkucil di mata dunia. Sungguh biadab mereka yang dengan sengaja melakukan pengeboman itu. Kini kita tinggal melihat bagaimana pemerintah bisa mengatasi bencana ini dan menjadikan citra Indonesia bisa kembali bersih di dunia luar.

Posted in Catatan harian | Tagged: , , , , , | 4 Comments »

Goodbye 20, Welcome 21…

Posted by gregorio1988 on July 9, 2009

the_number_21_by_poison_skittles

I haven’t anything to share about my birtdhay today…I just wanna say THANK YOU for mom, dad, and my brother to celebrate my birthday… Thanks for my aunt… Thanks for my friends on FB that remembers my birthday… Thanks for my friends that send a birthday message… I wish you all the best too… I thank you for my internship’s colleague that remembers too… Thank you..thank you…thank you…;(

Read the rest of this entry »

Posted in Catatan harian | Leave a Comment »

Idola Cilik, Koq Lagunya Dewasa??

Posted by gregorio1988 on February 13, 2009

picture1

Mungkin para pembaca sudah tahu mengenai salah satu program Idola Cilik yang suka menghiasi TV setiap harinya. Acara ini merupakan salah satu program pencari bakat yang khusus untuk anak-anak. Namun, setiap saya melihat iklan dari program, kenapa setiap lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak tersebut selalu lagu-lagu orang dewasa? Di sinilah bentuk keprihatinan kita terhadap anak-anak zaman sekarang.

Dulu mungkin kita masih ingat ketika Joshua, Chikita Meidy, dan penyanyi anak lainnya menyanyikan lagu yang memang bertemakan anak-anak. Contohnya, “Diobok-obok”, “Abang Tukang Bakso”, dan sebagainya. Namun sekarang, hampir tidak pernah saya melihat kontestan Idola Cilik yang menyanyikan lagu-lagu seperti itu. Mereka hanya menyanyikan lagu-lagu seperti yang dibawakan oleh grup band-grup band dewasa yang mungkin isi lagunya sangat tidak pantas dengan mereka. Mungkin itulah bedanya antara anak zaman saya masih kecil dengan yang sekarang. Wajar saja jika sekarang banyak anak kecil yang tingkah lakunya seperti orang dewasa.

Sebenarnya, program Idola Cilik ini sudah mendapatkan teguran dari pemerintah mengenai masalah di atas, tetapi sama dengan orang Indonesia lainnya, Sekarang Ditegur, Besok Berbuat Lagi. Mudah-mudahan saja persepsi saya terhadap orang Indonesia ini salah.

Posted in Catatan harian | Tagged: , , , | 10 Comments »

New Semester, New Spirit, New Life

Posted by gregorio1988 on February 2, 2009

runninggirls-polaroid

Alhamdulillah liburan semester ganjil telah usai. Kini, saya bisa fokus kembali ke dunia perkuliahan dan juga merupakan awal dari semester 6. Tidak terasa sudah 2,5 tahun saya berkecimpung di gedung bundar Fasilkom ini. Berarti tinggal 1,5 tahun lagi saya (insyaAllah dan harus bisa!!) dapat gelar S.Kom. Berarti nanti nama saya menjadi Gregorio G.Honassan Napitupulu, S.Kom. =P

Pada semester kali ini saya tidak begitu banyak target, cukup dapat IP cum laude (mudah-mudahan bisa) atau minimal lebih besar dari IPK. Selain itu, saya juga berharap agar bisa KP/magang pada liburan semester ini. Yah, kalau bisa tempatnya yang lumayan, asyik dan ternamalah. Siapa tahu nanti bisa dapat banyak pengalaman selepas KP dan punya banyak relasi. Untung-untung kalau sehabis KP bisa direkrut sama perusahaannya. Jadi nanti selesai sarjana bisa langsung kerja tanpa cari pusing buat melamar kerja di sana-sini. Doakan saja!

…Amien Ya Rabbal Alamien…

Posted in Catatan harian | Tagged: , | 2 Comments »

Road of the Lucky Team, Razor.

Posted by gregorio1988 on October 31, 2008

Sungguh bingung hati ini berkata ketika tim saya, Razor, menjadi finalis Pagelaran Mahasiswa Nasional (geMasTIK) 2008 yang bertempat di IT Telkom, Bandung. Ini menjadi kali pertama saya mengikuti ajang kompetisi IT di tingkat universitas. Cukup bangga sepertinya ketika kami menjadi salah satu wakil dari Fasilkom UI di kompetisi IT yang hampir diikuti oleh banyak universitas-universitas ternama, baik itu negeri maupun swasta. Sebelumnya, saya ingin menceritakan sedikit cerita bagaimana tim Razor bisa berhasil menjadi finalis geMasTIK 2008.

  • masa registrasi

Awalnya saya masih belum tahu apakah saya mau ikut geMasTIK 2008 atau tidak. Lalu ketika Faruk mengajak saya untuk ikut ke tim dia beserta Furqon, maka saya mengiyakan. Niat saya sebenarnya hanya ingin mencari pengalaman, pengalaman, dan pengalaman. Kemudian untuk agenda pertama kali adalah memilih lomba apa yang akan kami ikuti di geMasTIK 2008 ini dan Application Contest lah yang dipilih. Selanjutnya kami tinggal mencari nama tim beserta dosen pembimbing. Untuk nama, Faruk meminta saya untuk mencarikannya. Lalu terlintas game Dota dan di game itu ada salah satu heroes yang bernama Razor. Yasudah, saya pun tanya ke Faruk bagaimana jika nama tim kita Razor. Karena Faruk tidak ada ide lain, maka secara resmi nama tim kami di geMasTIK adalah Razor. Sekarang tinggal dosen pembimbing yang akan kami cari. Karena aplikasi kita adalah aplikasi elearning, maka kami memilih Bu Siti Aminah, salah satu dosen yang sudah mengaplikasikan sistem elearning pada perkuliahannya.

Untuk menuju babak ke-2, kita harus mengirimkan laporan progress untuk setiap aplikasi yang dibuat. Sebenarnya banyak waktu yang diberikan panitia untuk membuat laporan ini, tetapi karena mungkin sudah budaya Fasilkom, deadliner (budaya yang kurang baik c..).

Dan ketika pengumuman hasil babak I keluar, saya benar-benar tidak menyangka jikalau tim Razor dari UI berhasil masuk ke babak II. Begitu juga dengan tim UI lainnya yang juga merupakan teman se-fakultas kami, Poison Freak. Tak apalah, akhirnya saya bisa merasakan masuk babak II dalam suatu kompetisi…:)

Posted in Catatan harian, Kuliah | Tagged: , , , , , , | 9 Comments »

Hati-hati Penipuan di Jl. Margonda Raya

Posted by gregorio1988 on October 14, 2008

Suatu hari di malam Sabtu kemarin, “De, klo ke Kalideres naik apa yah? “, tanya seorang ibu berparas tua dan berjilbab kepada saya. Karena saya juga belum pernah ke sana, maka saya pun menjawab “Tidak tahu juga tuh bu, saya juga belum pernah ke sana. Coba ibu tanya aja ke tukang ojek yang di sana (maksudnya tukang ojek yang di depan gang Pondok Cina). Siapa tau mereka tau “. Kemudian saya pun bertanya ke beliau “Memangnya ibu dari mana? “. Dan setelah itu, sang ibu yang terlihat kusam itu pun menjawab “Tadi siang saya ke rumah saudara saya dan tersesat di sini dari jam 2. Mana uang tinggal 5 ribu. Trus sekarang anak saya lapar, belum makan dari siang. Trus juga kayaknya uang saya gak cukup buat pulang ke Kalideres. Gimana yah..?”. Dalam hati saya, kasihan sekali ibu ini. Istilahnya, sudah jatuh dari pohon durian, ketiban pula buah durian. Lalu dengan spontan saya pun menjulurkan uang secukupnya untuk sekadar membantu mereka. Namun, si ibu pun kembali memohon dan berkata kepada saya “Duh, kayaknya makanan di sini mahal-mahal. Anak saya udah lapar lagi. Dek, bisa minta Rp 5000 lagi gak buat beli makan anak saya? “. Sejenak saya pun berpikir “Waduh, duit saya tinggal beberapa lembar lagi nih. Gimana yah? “. Lalu saya pun mengingat kembali suatu hadist yang menyebutkan bahwa suatu sedekah yang paling utama adalah sedekah dari benda kita yang paling berharga. Yasudah, saya pun dengan ikhlas kembali memberi ibu tersebut Rp 5000. Kemudian, si ibu dan anak itu pun pergi mencari makanan dan saya pun bergegas kembali ke tempat tujuan awal saya, Gramedia.

Ketika di Gramedia, entah kenapa hati saya selalu diselimuti oleh perasaan curiga oleh peristiwa tadi. Saya berusaha membuang jauh-jauh perasaan tersebut. Lalu, saya pun mengingat kembali tulisan dari seorang Berli yang menuliskan bahwa niat ikhlas itu seperti ketika kita membuang kotoran. Saya pun berusaha untuk melupakan peristiwa itu seperti ketika saya selesai “buang hajat”.

Sehari kemudian,
Read the rest of this entry »

Posted in Catatan harian | Tagged: , , , | 19 Comments »

Masih Ingatkah Anda Dengan Permainan Ini ??

Posted by gregorio1988 on September 25, 2008

“Iya, oper sini ded, gw kosong nih”. Kemudian, Dedi pun mengoper bolanya ke Ringo dan dengan tenang, Ringo menendang bola plastik itu dengan kencang. Lalu..Gooollll…!!!. Kemudian Ringo berlari dengan senangnya diikuti oleh teman-teman yg lainnya ke pinggir lapangan. Akhirnya tim BCFC pun memenangi pertandingan itu dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Ringo di menit terakhir.

Yah, itulah salah satu permainan yang sering saya lakukan waktu masa kecil, bermain sepak bola plastik. Sebenarnya masih banyak permainan yang saya mainkan bersama teman-teman sepermainan waktu kecil dulu, yaitu:

  1. Balon tiup
  2. Permainan ini biasanya saya lakukan dengan cara meniup dahulu balon tiup ini yang sebelumnya dibeli di warung Imam, warung di daerah saya, dan kemudian setelah balon tersebut besar, maka balon itu saya tempelkan ke wajah saya hingga menutupi semua wajah yang lugu itu dengan balon tiup tersebut. Tapi biasanya bukan saja ke wajah sendiri, tapi terkadang saya suka menempelkan balon ini ke wajah teman saya secara iseng. Dulu harga balon tiup ini hanya Rp 50/biji dan biasanya ada hadiah setiap pembelian balon ini bagi yang beruntung.

  3. Bermain sepeda
  4. Ini salah satu permainan yang sampai sekarang masih saya mainkan. Biasanya saya dan teman-teman saya bersepeda bukan untuk balapan atau semacamnya tapi hanya untuk berjalan-jalan di sore hari. Biasaya saya sering memainkan ini selepas akan berbuka puasa di bulan Ramadhan dan itu saya lakukan dengan solo atau hanya sendirian saja tanpa anak-anak yang lain. Saya dari kecil memang sering bermain sepeda dan sendirian karena saya kadang suka malas bermain dengan teman-teman yang lain sebab saya biasanya bermain sepeda dengan ngebut sementara teman saya hanya slow-slow saja. Biasanya saya suka balapan dengan motor yang saya temui ketika bermain sepeda, dan ketika saya melewati motor itu, subhanallah…perasaan ini seakan senang sekali bagaikan menang di kompetisi balapan. Dan sampai sekarang pun saya juga masih suka bermain sepeda di kampus.

  5. Tazos
  6. Wah, inilah permainan yang paling saya rindukan hingga saat ini. Entah apakah sekarang ini masih ada atau tidak. Tazos ini biasaya saya dapatkan dari setiap pembelian ciki (saya lupa nama ciki-nya) atau beli dari teman yang punya banyak Tazos. Tazos ini bisa dimainkan dengan banyak cara. Sebenarnya Tazos ini dimainkan dengan satu Tazos lainnya dengan mengaitkan satu sama lain dan kemudian melemparkan ke udara atau di-geprak di lantai hingga salah satu Tazos berjalan. Akan tetapi, biasanya saya dan teman saya memainkannya dengan cara diteprok seperti bermain teprokan pada gambaran. Atau mungkin bisa sebagai alat pembayaran ketika bermain gambaran. Dulu saya punya banyak sekali Tazos dan sekarang saya tidak tahu dimana letak benda bersejarah itu. Mungkin terbawa banjir saat terjadi banjir 5 tahunan pada waktu dulu. Read the rest of this entry »

Posted in Catatan harian | Tagged: , , , , , , , , , , | 9 Comments »

A$taga, Keluarga Rimba…..Apaan tuch?

Posted by gregorio1988 on July 30, 2008

Apa itu A$taga? A$taga merupakan suatu ungkapan ketika kita melihat sesuatu hal yang menakjubkan. SALAH. Bukan itu maksudnya….

A$taga itu merupakan suatu perkumpulan orang-orang aneh. Aneh? Maksudnya? Ya aneh. Aneh kenapa namanya A$taga. A$taga, jika kita ingin tahu kepanjangannya, sebenarnya saya juga tidak tahu kenapa namanya A$taga dan saya juga hanya ikut-ikutan saja, adalah Anak Satu Tiga (gak nyambung khan?). Apa lagi itu? Yah, itu lah arti sebenarnya A$taga. A$taga itu seperti suatu perkumpulan dari teman-teman saya yang merupakan satu angkatan alumni SMAN 13 dan pernah merasakan manisnya duduk di bangku kelas I-3. Lalu apa istimewanya? Mungkin bagi para pembaca yang tidak termasuk dalam perkumpulan ini tidak begitu penting terhadap keberadaan A$taga ini, tapi bagi saya yang juga ikut dalam perkumpulan ini, A$taga itu yah seperti perkumpulan-perkumpulan yang lainnya yang begitu berarti dalam hidup seorang Gregorio Gringo Honassan Napitupulu. Jika anak-anak A$taga sudah berkumpul, kami saling sharing-sharing dan UUG (ujung-ujungnya gosip). Maklumlah anak muda. Mungkin para pembaca juga punya perkumpulan seperti ini dan terkadang jika kita sudah lama tidak bertemu dengan teman-teman yang lain timbullah rasa kangen ingin bertemu dan ngobrol hingga ngalor-ngidul.

Read the rest of this entry »

Posted in Catatan harian | Tagged: , , , , , , | 7 Comments »

Summer Song – New Album of Yui

Posted by gregorio1988 on July 22, 2008

Nama : Yui
Tanggal lahir : 26 Maret 1987
Tempat lahir : Fukuoka, Jepang
Genre : J-Pop, Pop Rock, Folk, Pop
Pekerjaan : Penyanyi, Penulis lagu, Aktris
Instrument : Gitar Akustik, Gitar Elektrik, Piano
Website : http://www.yui-net.com/
sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Yui_(singer)

Akhirnya Yui kembali mengeluarkan album barunya yang kesekian kalinya pada 2 juli lalu. Album yang berjudul Summer Song diambil dari salah satu lagu barunya yang juga terdapat di albumĀ  tersebut. Di album barunya ini, Yui terlihat lebih ceria dan enerjik walaupun di album-album sebelumnya dia memang terlihat ceria. Di Jepang, Yui bisa dibilang salah satu DIVA. Berbeda dengan diva-diva lainnya seperti Utada hikaru, Ayumi Hamasaki, dan sebagainya, Yui merupakan penyanyi artis yang juga sekaligus bermain gitar saat ia bernyanyi. Kelebihan itulah yang membuat kini fans Yui makin bertambah banyak.

Pada album ini, Yui yang mengandalkan lagu Summer Song, langsung menempati posisi teratas pada tangga lagu di Jepang. Walaupun hanya bertahan hingga beberapa hari saja, ini membuktikan bahwa orang-orang memang sudah antusias menunggu album barunya. Ibarat kata, kini Yui merupakan penyanyi wanita terpopuler di Jepang.

Buat yang mau dengerin lagunya, berikut link beberapa lagu yang ada di album Summer Song:

  1. Summer Song
  2. Oh My God
  3. Laugh Away

Posted in Catatan harian | Tagged: , , | 14 Comments »

HIJRAH (Kutek->Barel)

Posted by gregorio1988 on July 15, 2008

Jikalau Rasulullah pernah berhijrah dari Madinah hingga Mekah, maka saya pun melakukan hal yang sama, yaitu berhijrah dari Kutek hingga Barel. Alasan beliau berhijrah adalah untuk berdakwah, sedangkan saya adalah mencari suasana baru. Mencari suasana baru? Karena sudah dua tahun terakhir ini saya ngekos di daerah Kutek, maka tidak ada salahnya jika saya ingin mencari angin baru di daerah lain. Maka saya putuskan untuk pindah kosan ke daerah Barel yang tidak jauh dari kampus saya. Lalu, apa hubungannya dengan hijrah Rasulullah? Jawabannya, tidak ada.

Peristiwa hijrah ini terjadi pada tanggal 12-13 Juli 2008 kemarin. Karena saya tidak mau menyusahkan teman-teman saya dalam proses hijrah ini, maka hijrah saya lakukan sendiri pada hari I dan adik saya serta paman saya di hari II. Pada hari I, saya dengan berkendaraan sepeda mengangkut beberapa barang-barang yang sekiranya bisa saya pindahkan dengan sepeda, seperti buku-buku, baju, dispenser, kipas angin, serta perabotan-perabotan lainnya yang kecil dan ringan. Salah satu perabotan yang menurut saya paling susah dibawa yaitu ketika saya mengankut kipas angin. Bayangkan saja dengan berkendaraan sepeda, saya menggendong kipas angin yang berbentuk balok dengan berat sekitar 5-7 kg. Kemudian tangan kiri saya membawa perbotan lainnya yang tidak kalah beratnya. Saya tidak peduli dengan orang-orang sekitar saya, yang penting bagaimana caranya agar barang bawaan yang saya angkut ini tidak jatuh dan sampai di tempat tujuan. Jarak dari Kutek hingga Barel sekitar 1,5 km dan ketika sudah menempuh sekitar 1 km, tenaga saya sudah terkuras habis, keringat sudah bercucuran ke seluruh badan, nafas sudah tidak teratur lagi. Akhirnya semangat saya sudah mencapai limitnya. Maka saya pun mengambil inisiatif dengan mem-parkirkan sepeda saya di tempat parkir terdekat dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Alhamdulillah dengan tekad yang sedikit, saya berhasil ke tempat tujuan dengan sehat wal afiat.
Read the rest of this entry »

Posted in Catatan harian | Tagged: , , , , | 15 Comments »