.::Si Pemimpi::.

Catatan mimpi-mimpi dari seorang yang biasa-biasa saja

Road of the Lucky Team, Razor.

Posted by gregorio1988 on October 31, 2008

Sungguh bingung hati ini berkata ketika tim saya, Razor, menjadi finalis Pagelaran Mahasiswa Nasional (geMasTIK) 2008 yang bertempat di IT Telkom, Bandung. Ini menjadi kali pertama saya mengikuti ajang kompetisi IT di tingkat universitas. Cukup bangga sepertinya ketika kami menjadi salah satu wakil dari Fasilkom UI di kompetisi IT yang hampir diikuti oleh banyak universitas-universitas ternama, baik itu negeri maupun swasta. Sebelumnya, saya ingin menceritakan sedikit cerita bagaimana tim Razor bisa berhasil menjadi finalis geMasTIK 2008.

  • masa registrasi

Awalnya saya masih belum tahu apakah saya mau ikut geMasTIK 2008 atau tidak. Lalu ketika Faruk mengajak saya untuk ikut ke tim dia beserta Furqon, maka saya mengiyakan. Niat saya sebenarnya hanya ingin mencari pengalaman, pengalaman, dan pengalaman. Kemudian untuk agenda pertama kali adalah memilih lomba apa yang akan kami ikuti di geMasTIK 2008 ini dan Application Contest lah yang dipilih. Selanjutnya kami tinggal mencari nama tim beserta dosen pembimbing. Untuk nama, Faruk meminta saya untuk mencarikannya. Lalu terlintas game Dota dan di game itu ada salah satu heroes yang bernama Razor. Yasudah, saya pun tanya ke Faruk bagaimana jika nama tim kita Razor. Karena Faruk tidak ada ide lain, maka secara resmi nama tim kami di geMasTIK adalah Razor. Sekarang tinggal dosen pembimbing yang akan kami cari. Karena aplikasi kita adalah aplikasi elearning, maka kami memilih Bu Siti Aminah, salah satu dosen yang sudah mengaplikasikan sistem elearning pada perkuliahannya.

Untuk menuju babak ke-2, kita harus mengirimkan laporan progress untuk setiap aplikasi yang dibuat. Sebenarnya banyak waktu yang diberikan panitia untuk membuat laporan ini, tetapi karena mungkin sudah budaya Fasilkom, deadliner (budaya yang kurang baik c..).

Dan ketika pengumuman hasil babak I keluar, saya benar-benar tidak menyangka jikalau tim Razor dari UI berhasil masuk ke babak II. Begitu juga dengan tim UI lainnya yang juga merupakan teman se-fakultas kami, Poison Freak. Tak apalah, akhirnya saya bisa merasakan masuk babak II dalam suatu kompetisi…:)

  • menuju babak ke-2

Mungkin tim kami memang sedikit aneh. Biasanya kalau suatu tim masuk babak II itu senang perasaannya, tapi tidak dengan tim kami. Tim kami malah bingung karena apa? Karena sebenarnya aplikasi yang kami buat ini masih belum 100% jadi dan masih perlu banyak revisi dari sistem pada aplikasi kami.

Selain itu, sama seperti nasib ketika babak I, lagi-lagi kami menyelesaikan laporan dengan dikejar-kejar deadline…Namun, kali ini lebih parah. Kenapa? Karena pada saat itu, yang memang sedang bulan Ramadhan, tim saya dengan tim Poison Freak sedang itikaf di Mesjid At Tien.  Saat itu, waktu menunjukkan sekitar pukul 22.00 dan kami masih belum meng-upload laporan kami. Untungnya Berli dan Zebew (personel Poison Freak) membawa laptop beserta modem sehingga kami pun bisa meng-upload laporan yang sebenarnya masih acak-acakan. Saat itu situasinya cukup kontras sekali. Kalau orang-orang yang lain pada asyik dengan zikir, baca quran, shalat sunah, dan ibadah-ibadah lainnya, lain halnya dengan kami yang buka laptop, internet-an, dan upload laporan. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan.

Beberapa minggu kemudian, hasil pengumuman siapa saja yang akan masuk ke babak Final sekaligus pergi ke Bandung tiba, saya dan yang lainnya sangat kaget ketika Zebew memberitahu kami jika tim Razor masuk babak Final. Deg, jantung ini yang tadinya berdetak secara normal langsung menggebu-gebu rasanya. Semua perasaan tercampur bagaikan es campur yang mencampur semua segala buah-buahan. Slurrrpp… Sebenarnya hasil bukan membuat kami senang, melainkan kebingungan yang menambah kesibukan yang sedang dekat-dekatnya UTS. Maka, Faruk pun segera menggerakkkan kami untuk siap-siap menyelesaikan sistem aplikasi jauh-jauh hari agar setidaknya tidak membuat malu Fasilkom UI di Final geMasTIK 2008. Selanjutnya, Bandung, we’re coming…

  • ke bandung euy..

Yups, akhirnya saya dan kontingen dari UI lainnya tiba di Bandung. Ternyata di Bandung tidak jauh beda dengan Depok. Sama-sama kota..=)

Di Bandung kami bukan untuk berlibur, tetapi untuk menyelesaikan sekaligus mempersiapkan sistem aplikasi yang akan dipresentasi pada esok harinya.

Saat di tempat perlombaan, saya cukup salut dengan panitia yang memang susah mempersiapkan geMasTIK kali. Karena geMasTIK kali ini adalah pertama kali diadakan, maka Menteri Pendidikan, Bambang Sudibyo, membuka secara resmi geMasTIK untuk kali ini yang diadakan di ST Telkom. Toong…Toong..

loading our presentation. . . . .

Akhirnya selesai juga presentasi tim kami sekaligus perjuangan kami selama ini. Apapun hasilnya, saya cukup bangga dengan tim Razor, karena dengan hanya berbekal setengah hati, kami bisa melampaui masa-masa yang cukup menyulitkan. Jujur, secara pribadi saya yakin kalau tim kami setelah presentasi tadi tidak akan bisa masuk Grand Final karena saingan kami terlihat cukup baik dan bagus-bagus saat presentasi tadi. Namun, dari semua ini banyak sekali pengalaman sekaligus pelajaran buat saya pribadi. Dari sini, motivasi untuk sukses kembali muncul dari dalam diri saya. Intinya, alhamdulillah saya masih diberikan kenikmatan yang benar-benar di luar dugaan saya.

  • keberuntungan memang sudah melekat di tim razor

Di malam yang hening, tiba-tiba ada Arief membanguni saya yang sedang asyik-asyiknya tidur setelah siang tadi cukup melelahkan di tempat perlombaan. Lalu, Arief pun menyodorkan saya HP untuk saya baca. Ketika saya baca….MasyaAllah, tim Razor masuk Grand Final. Glek… Situasi yang tadinya sepi menjadi ramai dan kami pun (saya, Faruk, Arief) heran seribu heran. Entah apa yang bisa membuat tim Razor selalu diberikan nikmat yang tiada taranya ini hingga kami pun menjadi bingung untuk menerimanya. Tapi yang pasti, setelah mengetahui tim kami lolos masuk Grand Final, ucapan syukur alhamdulillah saya panjatkan kepada Allah SWT. Setelah itu, saya pun kembali tidur karena lumayan masih ada sekitar 3 jam lagi sebelum kita berangkat ke tempat perlombaan. Blek…zzzz….zzz….zz.z..z

Di tempat perlombaan, suasananya tidak jauh beda dengan hari sebelumnya. Hanya jumlah kontestannya saja yang berkurang karena dari 20 tim, hanya 8 tim yang diambil untuk masuk Grand Final.

Saat presentasi kami, perasaanya juga tidak beda dengan sebelumnya malahan kali ini kami lebih santai karena bahan presentasinya sama dengan yang kemarin. Dan setelah presentasi, kami pun berjalan-jalan di sekitar ST Telkom. Hingga menuju pengumuman pemenang, suasana hati ini senang rasanya karena dalam waktu 3 hari 2 malam, saya mendapatkan pengalaman segudang banyaknya.

  • cukup sampai sini keberuntungan kami.

Akhirnya waktu penentuan siapa pemenang 1, 2, 3 kompetisi geMasTIK telah tiba. Semua kontestan dengan hati dag-dig-dug menunggu keputusan dari panitia. Dan kami pun harus menerima kenyataan karena kami tidak masuk 3 besar. Tapi kami sama sekali tidak kecewa, tetapi malahan senang karena hasil ini sudah melampaui target kami di geMasTIK 2008 ini. Alhamdulillah kontingen UI tidak malu-maluin karena setidaknya dari kontingen UI berhasil mendapatkan juara I di bidang ICT Paper yang dipersebahkan oleh teman sekamar kami, Jonathan Marpaung. Mantapz…

Berikur personel tim Razor yang sedang siap-siap menuju medan perang…=)

9 Responses to “Road of the Lucky Team, Razor.”

  1. Faruk said

    coba kita sedikit lebih serius di awal, mungkin keberuntungan kita sampai babak terakhir…,, hehehe…..

    gimana tahun depana mo nyoba lagi ???

    also read :
    http://fcfarabi.com/?p=65

  2. deanet said

    ndak papa mas … jgn menyerah .. tahon depan di cobak lage … masi inget kata mbak MC na yg cakep ?? :mrgreen:

    kita adalah pemenangnya … We are the Champions 😀

    tetap semangat …

    salam knal ..

  3. Wah…
    Subhanallah…
    Mantab Gan.
    Terus berprestasi!

    Btw, produk tim ente mana? Kok ane belum liat?
    Barangnya berhasil dibikin kaga?

  4. @ Faruk
    iya ruk…kita masih 1/2 hati c ngerjainnya, coba klo 3/4 hati, mungkin kt bs dpt 3 besar…hehehe…kl o bwt tahun depan, blm kepikiran jg c.

    @ Deanet
    thanks bro…menang kalah itu urusan belakangan, yg penting PENGALAMAN-nya…tops dah..!!

    @ mas agung
    thanks gan!
    produknya ad d laptop ane koq..klo mw liat, monggo k ane aje…:)

  5. vie said

    ringo..
    ternyata kemarin kau mampir ke kampus gw toh???
    koq g mampir ke kosan gw???
    khan nanti bisa kuajak kau berkeliling2 dayeuh kolot..
    hehehehe..

  6. @ evie
    wah…saya klo ternyata evie kul di IT Telkom toh…hehehe…
    padahal pas di sana tuh buth orang jg c bwt jd guide tour kt keliling2 bandung..=p

  7. kamal said

    subhanallah… mantabzz…

  8. teriohadi said

    iya..setuju….mantabz lah ringo!! k

  9. @ kamal & trio
    alhamdulillah…makasih buat teman2 yg udah ngedoain..sesungguhnya ini bukan akhir dari segalanya, tp awal dr perjuangan sy kuliah di Fasilkom…(yoi!..:p)

Leave a Reply

 
