.::Si Pemimpi::.

Catatan mimpi-mimpi dari seorang yang biasa-biasa saja

PSAU Selesai, Selamat Datang MABIM

Posted by gregorio1988 on August 27, 2008

Akhirnya selesai juga PSAU untuk Fasilkom UI yang diadakan selama dua hari. Tidak terasa kini mahasiswa baru (maba) Fasilkom 2008 akan bersiap-siap menghadapi masa perkuliahannya kurang dari seminggu lagi. Dalam masa perkuliahannya dimana mereka akan menghadapi dunia baru, maba akan mengalami suatu masa bimbingan (Mabim) yang diadakan dengan tujuan menyesuaikan maba terhadap lingkungan Fasilkom yang masih asing bagi mereka.

Untuk PSAU sendiri, maba sebenarnya sudah cukup untuk sedikit mengakrabkan diri mereka dengan lingkungan Fasilkom sekaligus mendekatkan diri terhadap beberapa elemen yang ada di Fasilkom itu sendiri. Di PSAU, maba diperkenalkan oleh beberapa dosen yang akan mereka temui ketika di masa perkuliahan; janitor, satpam, dan orang kantin yang pasti akan mereka selalu temui kapanpun mereka berada di lingkungan Kampus Bundar ini. Di sinilah ajang dimana mereka pintar-pintar beradaptasi dengan lingkungan baru dan tidak semua maba bisa dengan cepat beradaptasi. Selain berkenalan dengan beberapa elemen yang ada di Fasilkom, di PSAU itu juga maba akan mendapat bekal terhadap sistem perkuliahan yang pasti akan berbeda dengan sistem pembelajaran di SMA. Tidak hanya sistem yang berbeda, lingkungan mereka belajar tentu saja berbeda. Oleh karena itu, di PSAU terdapat kegiatan Tour de Campus yang bermanfaat bagi para maba untuk mengenal lebih jauh lingkungan di mana mereka akan singgahi selama empat tahun ke depan nanti.

Setelah dua hari maba mengikuti PSAU, maba kini akan menghadapi mabim di mana mereka di sini akan lebih berkomunikasi lebih dekat lagi dengan kehidupan Fasilkom. Di mabim, maba diberikan beberapa tugas-tugas yang tidak jauh beda dengan mabim di tahun-tahun sebelumnya. Di dalam tugas itu terdapat banyak sekali esensi bagi para maba jika memang maba menyadarinya. Bukan sesuatu yang tidak berguna yang diberikan kepada maba dari panitia PMB. Banyak sekali maba yang beranggapan bahwa mabim itu sama dengan perploncoan. Ini zaman reformasi dan tidak ada yang namanya perploncoan. Di mabim ini, maba lebih diarahkan untuk bersikap kritis.Di dunia perkuliahan, tidak hanya Fasilkom yang mengajarkan maba untuk bersikap kritis, tetapi semua fakultas di UI juga mengarahkan mabanya terhadap sikap ini. Di mabim ini sebenarnya para maba bisa protes apabila mereka diberikan tugas yang sama sekali tidak ada esensinya.Menjadikan maba bersikap kritis bukan pekerjaan mudah. Maka dari itu, di mabim inilah mereka dilatih step by step untuk berani berargumen, mengkritisi, dan meyakinkan pendapat mereka. Untuk para maba, jika memang kalian merasa benar, jangan takut untuk tetap mengatakan itu benar. Selain itu, jangan takut pula untuk selalu mengkritisi setiap tugas yang diberikan. Jangan hanya terima saja, tetapi coba dipikirkan esensinya dan apabila tidak logis, PROTES dan JANGAN TAKUT karena kalian kini sudah menjadi mahasiswa di Kampus Perjuangan, bukan siswa SMA yang selalu patuh terhadap tugas-tugas tanpa dipikirkan lagi esensinya. Di tangan kalianlah masa depan negeri ini dipegang.

….

….

Wahai kalian yang rindu kemenangan

Wahai kalian yang turun ke jalan

Demi mempersembahkan jiwa dan raga untuk negeri tercinta.

….

HIDUP MAHASISWA!!

Advertisements

12 Responses to “PSAU Selesai, Selamat Datang MABIM”

  1. Yang asik itu sesi mentoringnya kemarin πŸ˜€

  2. arief said

    wah,,,, tetap semangat ya nak,,,,,

  3. Faruk said

    “Di mabim ini sebenarnya para maba bisa protes apabila mereka diberikan tugas yang sama sekali tidak ada esensinya. ”

    Klo protes untuk tidak bersedia mengerjakan tugas gimana ????

    hehehe…..

  4. @mas agung
    hehe..apalagi klo ka mentor mas agung yah…makin asyik aja tuh…=p

    @arief
    makasih yah kak…=p

    @Faruk
    itu c bukan kritis, tapi males…=p

  5. deni said

    apalagi kalo kak mentornya mas ringo yah..makin asyik aja (kayak iklan tpi :P)

    hehe

  6. @deni
    halah, bisa aja nih c Pak MK…perasaan semua mentor pada asyik2 deh….:)

  7. yuan said

    wah ayo semangat ngo..
    menti2nya juga disemangatin yah πŸ˜€

  8. @yuan
    iya yuan, kita sbg panitia mesti semangat biar menti2nya jg ikutan semangat. Yang penting, S.E.M.A.N.G.A.T! :p

  9. kakak mentor ringo…. πŸ™‚
    eh iya, jadi inget kalo misalnya kita meminta (mendidik)
    adik-adik kita untuk tepat waktu,
    kita harus jadi contoh dulu nih.

    selamat berjuang kakak mentor ringo

    ~jadi inget kelas prolog πŸ™‚ ringo ikut juga kan.

  10. @ kak yans
    terima kasih ka yans buat sarannya…:)

  11. mishbah said

    uhuy! ahahaha
    apa kabar kang?

  12. @ mishbah
    alhamdulillah bae2 aja…gimana kabar mpok? udah lama nih kagak makan d mpok lg…^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: